ICE Logo
5 Cara Daftar Jadi Influencer di ICE

5 Cara Daftar Jadi Influencer di ICE


ICE Platform

22 Nov 2023

Bagikan ke:

icon-copylink.png

cara-daftar-jadi-influencer-di-ice.png

Tahukah kamu bahwa daftar jadi influencer di ICE bisa menjadi tiketmu untuk bersinar di dunia digital? Dunia media sosial telah membuka jalan bagi banyak orang untuk meraih kesuksesan sebagai influencer.

Menjadi influencer berarti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audiens di platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, atau YouTube.

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi influencer di ICE, artikel ini akan membahas mulai dari apa itu ICE hingga step by step mendaftar di ICE.

Apa itu ICE?

Indonesia Creators Economy atau ICE adalah marketplace kreator konten dari Indonesia milik IDN Media, dengan visi untuk mendemokratisasi ekonomi kreator melalui teknologi.

ICE yang merupakan salah satu unit bisnis di ekosistem IDN Media ini sebelumnya bernama IDN Creator Network, sebuah influencer marketing agency yang didirikan tahun 2017 dan telah berkolaborasi dengan ratusan brand dan influencer di Indonesia.

Platform ini didirikan untuk mendemokratisasi akses creators economy kepada para kreator di Indonesia, dengan cara menjembatani kolaborasi antara brand dengan para kreator lokal, mulai dari nano content creator hingga mega content creator.

ICE platform untuk creator hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu akses baik menggunakan device Android maupun iOS. Dengan mendaftar ke platform ICE, profil kamu berkesempatan untuk dilihat oleh para pemilik brand yang sedang mencari influencer untuk endorsement.

Syarat daftar jadi influencer di ICE

Untuk mendaftar jadi creator di ICE, sebenarnya tidak ada syarat khusus. Berikut beberapa hal yang mungkin perlu kamu perhatikan:

1. Punya media sosial

Syarat yang utama pastinya kamu harus punya media sosial. Sebab sebagai influencer, pastinya jasa endorse di media sosial kamu lah yang dijadikan sebagai produk jualan.

Ada 4 jenis media sosial yang bisa didaftarkan di ICE yaitu Instagram, TikTok, YouTube, dan Twitter. Pastikan sosial media kamu aktif dan bersifat public ya. 

2. Memiliki rate card atau price list

Setelah memiliki media sosial, pastikan kamu juga sudah menyiapkan daftar harga atau rate card atau pricelist dari jasa endorse di media sosial kamu. Siapkan beberapa ratecard dengan detail misalnya: harga endorse untuk 1 slide video Instagram Story, atau harga endorse live TikTok dengan durasi 1 jam.

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara menyusun atau menentukan tarif endorse ini, kamu bisa baca artikel ini ya. Atau bisa juga kamu lihat-lihat dulu referensi rate card influencer lain di sini.

3. Dokumen identitas diri

Dokumen ini diperlukan sebagai bukti kalau kamu adalah orang asli dan bisa dipercaya. Kamu bisa menyiapkan dokumen dalam bentuk digital atau foto yang nantinya di upload ke aplikasi ICE ya. Selain itu, kalau kamu sudah terdaftar sebagai wajib pajak, jangan lupa untuk siapkan kartu NPWP juga ya.

4. Rekening bank

Kenapa harus siapkan data bank? Pastinya untuk transfer uang hasil endorse dong. Jadi ketika nantinya kamu sudah mendapatkan orderan endorse dari brand.

Dan kamu sudah menyelesaikan campaign endorse tersebut, tim ICE akan memproses pembayaran dan melakukan transfer ke rekening kamu. Pastikan rekening masih aktif dan milik kamu pribadi ya.

5. Apakah daftar influencer di ICE ada syarat minimal followers?

Untuk mendaftar jadi influencer di ICE, memang ada persyaratan minimal followers. Namun tidak harus ratusan ribu lho, cukup dengan minimal 1.000 followers, kamu bisa daftar jadi influencer di ICE.

Mungkin selama ini kamu sudah pernah mendengar istilah seperti nano influencer, mikro influencer, hingga mega influencer. Nah sebutan ini adalah pengelompokkan kategori nfluencer berdasarkan jumlah followers.

Kamu yang belum mencapai 10.000 followers, boleh dibilang masuk kategori nano influencer. Dan kamu sangat dibolehkan untuk mendaftar di ICE.

Kenapa? Nano influencer sendiri punya kelebihan tersendiri lho, dan bahkan kini banyak brand yang justru mencari influencer di kategori ini. Kamu bisa pelajari kelebihan nano influencer di sini ya.

Jadi meskipun kamu baru punya ribuan followers saja, jangan berkecil hati dan langsung saja coba untuk daftar influencer di ICE!

Cara daftar jadi influencer di ICE

Berikut beberapa tahapan mendaftar jadi influencer di ICE:

1. Download dan install aplikasi ICE

image.png

Aplikasi ICE ini bisa kamu download melalui Google Play Store dan juga Apple App Store ya. Biar makin gampang, kamu bisa download aplikasinya lewat link berikut:

Setelah berhasil download, kamu bisa langsung install aplikasi tersebut. Pastikan kamu memiliki jaringan internet yang bagus, agar proses download dan install berjalan lancar, ya!

2. Login atau buat akun IDN Account

image.png

Selesai melakukan install aplikasi ICE di HP kamu, tahap selanjutnya adalah login ke dalam aplikasi dengan IDN Account. Jika kamu belum memiliki IDN Account, kamu bisa langsung membuatnya di app kok. Berikut stepnya:

  • Pada tampilan awal aplikasi ICE, tap tulisan "Daftar dengan IDN Account"
  • Dari situ kamu akan diarahkan ke halaman IDN Account
  • Kamu bisa membuat IDN Account dengan cara mendaftarkan email secara manual, atau memilih login menggunakan Apple ID, akun Facebook, atau akun Google
  • Pilih salah satu metode login, dan ikuti setiap arahannya

3. Lengkapi profil kamu

3.png

Jika kamu berhasil membuat dan login menggunakan IDN Account, kamu akan langsung diarahkan ke homepage dari aplikasi ICE, dengan tampilan seperti di atas.

Tahap selanjutnya adalah melengkapi profil, caranya langsung saja tap tombol "Lengkapi Data". Nantinya kamu diharuskan mengisi beberapa form yang berkaitan dengan kebutuhan endorsement di ICE, yaitu:

  • Form mengisi data identitas diri
  • Form terkait perpajakan dan dokumen identitas diri 
  • Tambah jasa media sosial dan rate card jasa endorsement yang kamu jual
  • Form untuk data bank dan pembayaran
  • Form syarat dan ketentuan terkait jasa endorse yang kamu perjual belikan
5.png

Pastikan kamu mengisi semua data dengan benar ya, sebab ini akan berpengaruh pada proses verifikasi data oleh tim ICE.

4. Proses verifikasi dan revisi

image.png

Setelah mengisi semua form dan submit data profil, maka tampilan aplikasi kamu akan berubah seperti gambar di atas. Ini artinya data yang kamu masukkan sudah diterima oleh tim ICE dan sedang dalam tahap review.

Kalau semua datanya dinilai sudah benar, maka tim ICE akan langsung approved dan kamu bisa melihat profile kamu di website ICE, pada link berikut ini

Tapi jika ada data yang kurang tepat, maka profil kamu akan berubah status menjadi Butuh Revisi, dengan tampilan kurang lebih seperti berikut:

image.png

Kamu bisa langsung melakukan revisi data sesuai catatan dari tim ICE dengan cara tap button "Perbaiki Profil" ya. Teliti lagi setiap data yang sudah dimasukkan, dan pastikan sudah sesuai dengan catatan dari tim ICE.

5. Tunggu orderan mendatangi kamu

Setelah profil kamu tayang di website ICE, artinya brand bisa melihat profil dan rate card dari jasa endorse yang kamu tawarkan. Pihak brand juga bisa langsung order dan check out jasa kamu.

Kamu bisa cek apakah ada pesanan masuk lewat halaman home di aplikasi ya, tampilannya seperti ini:

4.png

Ketika kamu sudah deal project dengan client kamu bisa langsung kerjakan ya, dan juga kamu bisa kelola project mana yang sudah kamu kerjakan dan sudah selesai.

7.png

 

8.png

Nah itu dia ulasan tentang bagaimana cara daftar jadi influencer di ICE. Kalau kamu punya pertanyaan terkait proses pendaftaran di ICE, kamu bisa kontak tim ICE lewat email ice.controller@idntimes.com atau DM lewat Instagram resmi ICE, ya!

ice-idn-call-to-action.png

ice-idn-call-to-action-creator.pngice-idn-call-to-action-brand.png

 

 


Bagikan ke:

icon-copylink.png

Artikel Terbaru

Lihat Semua
ICE Logo
ice.controller@idntimes.com

Informasi

Tentang Kami

Syarat & Ketentuan

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

FAQ

Artikel ICE

Ikuti Kami

Instagram

Unduh Aplikasi

Get It On GooglePlayDownload on the App Store

ICE International

www.ice.id/en/international