ICE Logo
Gampang Banget, Begini Cara Cek Engagement Rate Selebgram!

Gampang Banget, Begini Cara Cek Engagement Rate Selebgram!


Social Media

23 Aug 2023

Bagikan ke:

icon-copylink.png

cara-cek-engagement-rate-instagram.jpg

Engagement rate Instagram atau ER IG menjadi salah satu faktor pengambilan keputusan sebelum brand merekrut selebgram ke dalam sebuah campaign digital. Lalu bagaimana sih cara cek ER IG dari sebuah akun?

Untuk tau jawabannya mari simak penjelasan mengenai apa itu engagement rate, fungsi, hingga cara cek ER IG dengan mudah pada artikel berikut ini!

Apa itu engagement rate?

Engagement rate adalah metrik yang digunakan untuk mengukur tingkat interaksi atau keterlibatan pengguna terhadap konten yang dipublikasikan di platform digital, seperti media sosial atau situs web. Metrik ini memberikan gambaran tentang sejauh mana audiens berinteraksi dengan konten, baik melalui likes, comments, shares, atau reaksi lainnya.

Sederhananya, engagement rate ini adalah cara untuk mengukur seberapa sukses konten dalam memancing respon dari audiens. Semakin tinggi tingkat interaksi, semakin besar pengaruh dan keterlibatan yang diciptakan oleh konten tersebut.

Baca Juga: Apa itu SOW? Pelajari Definisi, Fungsi, hingga Cara Membuatnya di Sini!

Pentingnya cek engagement rate IG

Cek ER IG memiliki peran penting dalam dunia digital, terutama dalam strategi pemasaran dan pengelolaan konten. Tingkat interaksi yang tinggi menunjukkan bahwa konten memiliki daya tarik dan relevansi bagi audiens. 

Ini bisa membantu membangun brand awareness, meningkatkan keterlibatan, dan memperkuat hubungan dengan pengikut. Selain itu, engagement rate juga memberikan umpan balik langsung dari audiens.

Selain itu, engagement rate juga dapat membantu mengukur efektivitas kampanye pemasaran dan menentukan konten yang paling efektif dalam menarik perhatian audiens. Dengan memahami pola interaksi, kamu bisa mengoptimalkan kontenmu dan menyesuaikan strategi untuk meraih hasil yang lebih baik.

Cara menghitung engagement rate Instagram

Cara menghitung engagement rate sebenarnya tidaklah rumit. Formula umumnya adalah (Jumlah Interaksi / Jumlah Total Follower) x 100%. Interaksi bisa berupa likes, comments, shares, reaksi, atau tindakan lain yang menunjukkan keterlibatan pengguna terhadap konten.

Misalnya, jika sebuah postingan mendapat 100 likes, 20 comments, dan 10 shares, dengan total 1000 followers, maka engagement rate-nya adalah ((100 + 20 + 10) / 1000) x 100% = 13%. Ini berarti konten tersebut berhasil menciptakan keterlibatan sebesar 13% dari total followers.

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Global Ambassador dan Brand Ambassador
 

Cara cek ER IG gratis

Jika cara cek ER IG di atas terlalu ribet, tenang karena saat ini sudah banyak kok website online yang dapat menampilkan data engagement rate secara gratis.

Seperti HypeAuditor, Social Blade, Phlanx, dan lain-lain. Pada website tersebut, kamu cukup memasukkan nama username Instagram selebgram yang kamu inginkan, dan data engagement rate mereka akan langsung ditampilkan.

Selain website-website tersebut, kamu juga dapat melihat data-data para selebgram pada website ICE, sebuah platform influencer marketplace terbaik di Indonesia. Di ICE, kamu dapat melihat data sosial media, hingga rate card atau pricelist endorse mereka, lho!

Nah itu dia penjelasan mengenai apa itu engagement rate hingga tutorial cara cek ER IG yang bisa kamu gunakan dalam proses campaign digital.

ice-idn-call-to-action.png

ice-idn-call-to-action-creator.pngice-idn-call-to-action-brand.png

 

 

 


Bagikan ke:

icon-copylink.png

Artikel Terbaru

Lihat Semua
ICE Logo
ice.controller@idntimes.com

Informasi

Tentang Kami

Syarat & Ketentuan

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

FAQ

Artikel ICE

Ikuti Kami

Instagram

Unduh Aplikasi

Get It On GooglePlayDownload on the App Store